Cara Mudah Merawat Pajangan Kristal

Pernak-pernik kristal digemari sebagai pajangan pada interior rumah. Selain karena bentuknya yang cantik, pajangan kristal juga tampak elegan diletakkan di lemari kaca. Bantuan pencahayaan buatan di dalam rak semakin mepercantik kilau pernak-pernik kristal itu.

Harga pajangan dari kristal bervariasi, dari yang rendah hingga yang paling tinggi. Variasi harga ini tergantung dari kualitas kristal.

Kristal yang baik terbuat dari bahan kristal atau kaca, yang relatif bersifat menolak debu. Beda dengan kristal berbahan akrilik atau plastik, yang menyerap debu. Cara membedakannya adalah dengan membenturkannya pada benda logam. Apabila suaranya nyaring, seperti toast pada gelas wine kristal, iniah kristal yang berkualitas baik. Kristal dari bahan plastik atau akrilik biasanya berbunyi rendah.

Meskipun kristal yang baik bersifat menolak debu, tapi kita tetap perlu membersihkannya secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar perabot kristal tetap memesona meski sudah berusia puluhan tahun.

Cuci dengan cuka

Cara membersihkan pajangan kristal sebetulnya sangat mudah. Anda cukup mencuci kristal dengan air sabun, sedikitnya tiap tiga bulan sekali. Usahakan kristal terendam air sabun sampai seluruh badannya. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Lalu keringkan menggunakan lap atau kain yang lembut.

Untuk bagian dalam kristal yang kotor, gunakan campuran garam dan cuka yang dilarutkan dalam air hangat. Gosok bagian dalam kristal yang sulit dibersihkan menggunakan cotton bud dan campuran larutan tadi. Bilas dengan air bersih dan keringkan. Beres. Dijamin pajangan kristalnya kinclong kembali.

 

Source : Idea



Kembali kehalaman sebelumnya

 Tags : kristal pajangan bersih rapih kilau mengkilap

Kategori
Artikel

BERSIH RAPIH - Copyright © 2013. Bersih Rapih. All Rights Reserved | Web Design Moelya